Pembongkaran Kelenteng Poncowinatan Di-PTUN-kan

YOGYAKARTA – Pembongkaran sebagian bangunan yang ada di Kelenteng Poncowinatan, Yogyakarta, berbuntut gugatan terhadap Dinas Perizinan Kota Yogyakarta di Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta. Pasalnya, bangunan yang seharusnya mendapat perlindungan sebagai benda cagar budaya itu dirusak dan dibangun kembali tanpa izin dan sepengetahuan pengelola, yaitu Yayasan Bhakti Loka, tapi mendapat izin dari Dinas Perizinan.

“Bangunan yang dibongkar itu dulu pernah digunakan sebagai sekolah Tiong Hoa Hak atau Sekolah Modern Pertama di Yogyakarta,” kata Mulyadi, pengacara dan konsultan hukum Yayasan Bhakti Loka, saat membacakan gugatan di PTUN Yogyakarta kemarin.

Dalam gugatan yang diajukan, disebutkan bahwa Kelenteng Poncowinatan yang berada di Kelurahan Cokrodirjan, Jetis, Yogyakarta, merupakan salah satu benda cagar budaya. “Tindakan Yayasan Budya Wacana merobohkan bangunan bersejarah telah diprotes oleh beberapa elemen. Karena diabaikan, kami menempuh jalur hukum,” kata Mulyadi.

Sesuai dengan data yang ada, tanah dan bangunan yang berdiri di atasnya tercatat atas nama China Temple, dan tercatat di kadaster Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta sejak tahun 1923.

Kelenteng Zeng Ling Gong atau yang dikenal dengan nama Kwan Tie Bio merupakan benda cagar budaya yang kini dimanfaatkan untuk sekolah Budya Wacana dan pernah digunakan sebagai gedung Sekolah Tiong Hoa Hak atau Sekolah Modern Pertama di Yogyakarta.

Pengurus Yayasan Bhakti Loka, Ziput, mengatakan Kelenteng Poncowinatan jelas merupakan benda cagar budaya yang harus dilindungi. “Tindakan Yayasan Budya Wacana merobohkan sebagian bangunan kelenteng mendapat izin dari pemerintah kota. Maka yang kita gugat adalah Dinas Perizinan Kota dulu,” katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, yang mengetahui proses perizinan pembongkaran bangunan kelenteng itu belum mau berkomentar. “Saya lagi di lapangan. Saya belum bisa berkomentar,” tuturnya. MUH SYAIFULLAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: